OTOSIA.COM - Pengunjung Jakarta Motor Show (JMCS) di hari terakhir, Minggu (4/11), lebih membludak dibandingkan hari-hari sebelumnya. Meski panitia penyelenggara JMCS belum menghitung final, dari target sekitar 84 pengunjung, dua hari menjelang penutupan panitia berhasi menjaring 141 ribu orang. Artinya target jumlah pengunjung sudah terlampaui pada hari ketiga dari 5 hari pameran.
Antusiasme pengunjung terlihat dari nilai transaksi yang berhasil dicatat oleh para APM. Pada hari penutupan kemarin, penjualan sepeda motor secara total sejak hari pertama mencapai 1.244 unit dengan nilai transaksi mencapai Rp. 33.691.560.000.
Di beberapa booth, selain sepeda motor berkapasitas mesin kecil, sepeda motor 'besar'pun terlihat diberikan label tulisan 'Sold'. Hal ini menandakan daya tarik sepeda motor terhadap masyarakat tetap terjaga di tengah berbagai tantangan yang dihadapi industri sepeda motor belakangan ini.
"Kunjungan mereka ke JMCS 2012 membuktikan bahwa masyarakat masih menaruh perhatian yang tinggi terhadap sepeda motor," ujar Abiyoso Wietono, Manager Divisi Otomotif Dyandra Promosindo.
Program-program pendukung yang digelar panitia selama JMCS disambut hangat pengunjung seperti bazaar helm murah, test ride dan sebagainya.
Pada hari penutupan kemarin, event JMCS 2012 yang berbarengan dengan pameran Teknologi Informatika (TI) dan Gaming Indocomtech 2012, serta Jakarta Game Show (JGS) 2012 telah menyedot sebanyak 299.764 pengunjung. Jumlah ini lebih besar dibandingkan target pengunjung yang sebelumnya ditargetkan panitia, yakni sebanyak 284 ribu pengunjung.
Selama penyelenggaraan JMCS panitia mencatat ribuan pengunjung memadati area pameran JMCS setiap harinya. Tingginya jumlah pengunjung yang memadati area JMCS 2012 mulai dari hari pertama hingga penutupan menjadi cermin semangat positif bagi industri motor Tanah Air.
Hal ini memperlihatkan bahwa industri sepeda motor memiliki potensi untuk berkembang.(kpl/nzr/bun)