Usai Luncurkan Monorel, Dahlan Kunjungi Buruh Pabrik Gula yang Mulai Untung

Written By Unknown on 07 Mei 2013 | 00.00

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan tak mau menghilangkan kesempatannya saat berkunjung ke Madiun, Jawa Timur. Usai meluncurkan monorel canggih milik PT INKA, Dahlan langsung mengunjungi pabrik gula BUMN yang mulai menuai untung.

Dalam kunjungannya, Dahlan menyemangati para buruh di pabrik gula BUMN yang selama ini merugi.

Pabrik pertama yang dikunjungi adalah Pabrik Gula (PG) Rejo Agung Madiun milik PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi mengatakan, pabrik gula ini sudah lama merugi dan kondisinya cukup memprihatinkan.

"Namun kondisi tersebut sudah berubah. PG Rejo Agung mulai menggeliat lagi, seperti penataan pabrik yang mulai bersih. Dari sisi laba juga meningkat," kata Faisal kepada detikFinance, Senin (6/5/2013).

Di 2011 lalu, PG Rejo Agung merugi Rp 4 miliar dengan kapasitas produksi di bawah 500 ton per tahun. Namun di 2012 lalu, pabrik ini berhasil meningkatkan rendemen dan berhasil untung Rp 66 miliar, serta produksi 550 ton per tahun.

Lalu pabrik kedua adalah Pabrik Gula Pagotan milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI. Di 2011, pabrik ini memproduksi 19 ribu ton gula per tahun, namun rugi Rp 15 miliar. Tapi di 2012, produksi pabrik ini naik jadi 29 ribu ton per tahun dan menghasilkan laba Rp 18 miliar.

Kemudian pabrik ketiga yang dikunjungi Dahlan adalah Pabrik Gula Kanigoro yang dibangun 1984 milik PTPN XI. Pada 2011, pabrik ini rugi Rp 13,8 miliar dengan produksi gula 7.000 ton per tahun. Di 2012, pabrik gula ini untung Rp 25 juta dan produksinya naik jadi 10 ribu ton per tahun.

Belum cukup sampai di situ, Dahlan juga mengunjungi tiga pabrik gula di Kabupaten Probolinggo. Pertama PG Wonolangan yang berhasil untuk Rp 26 miliar, kemudian PG Gending yang untung Rp 134 juta di 2012, setelah tahun sebelumnya rugi Rp 9 miliar. Kemudian PG Pajarakan yang untung Rp 4 miliar di 2012, dari tahun sebelumnya rugi Rp 9,2 miliar.

Di setiap pabrik yang dikunjungi, Dahlan menyalami seluruh buruh dan karyawan PG. Sehingga mereka bangga bekerja di PG dan bertekad untuk bangkit dan berubah.

"Perubahan pola pikir SDM itu yang paling penting, sebelum melakukan revitalisasi pabrik gula yang ada," ujar Dahlan.

(dnl/dnl)

Anda sedang membaca artikel tentang

Usai Luncurkan Monorel, Dahlan Kunjungi Buruh Pabrik Gula yang Mulai Untung

Dengan url

http://mateofgod.blogspot.com/2013/05/usai-luncurkan-monorel-dahlan-kunjungi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Usai Luncurkan Monorel, Dahlan Kunjungi Buruh Pabrik Gula yang Mulai Untung

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Usai Luncurkan Monorel, Dahlan Kunjungi Buruh Pabrik Gula yang Mulai Untung

sebagai sumbernya

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger